Maestro Wayang Golek Indonesia "Asep Sunandar Sunarya"

https://twitter.com/yulidaria/status/
450560810088026112/photo/1

Mengenang sang Maestro Wayang Golek Indonesia "Asep Sunandar Sunarya" Google mengabadikannya Sukana alias Asep Sunandar Sunarya atau lebih di kenal dengan Ki Asep Sunandar Sunarya di kalangan seniman dan masyarakat Jawa umumnya pada Doodle google yang bertepatan dengan tanggal kelahirannya (Ki Asep Sunandar Sunarya). Asep Sunandar Sunarya adalah seorang Tokoh pemain wayang atau dalang wayang lebih dikenal dalam istilah pewayangan yang konsisten pada bidang garapannya dengan kreatif dan inovatif. Berkat ketekunannya itu dia diakui dunia sehingga beliau diberi gelar Maestro Wayang Golek-nya Indonesia serta menjadi satu-satunya orang Indonesia dari komunitas seniman yang diberi penghargaan besar seperti ini oleh Google. Tidak mudah memang untuk mencapai titik ini, karena selain membutuhkan ketekunan, kepercayaan diri, ketabahan dan kesabaran dalam menjalani profesi atau menekuni suatu bidang keahlian tertentu yang dikuasai hingga mencapai keberhasilan seperti yang diperoleh oleh Ki Asep Sunandar Sunarya "Sang Maestro".
Segudang prestasi dan penghargaan yang didapatnya tidak membuatnya puas hingga sampai disitu. Bahkan hingga usianya yang sudah mulai senja pun tidak memberi surut ketekunan dan konsistensinya dalam menjalankan profesinya sebagai seorang seniman wayang golek asli Indonesia. Dengan berkat ketekunan dan keyakinannya ia berhasil bersama kreatifitas dan daya ciptanya menghasilkan tokoh baru di sederetan tokoh yang sudah terkenal yakni Cepot dengan aksi dan reaksinya yang mampu membuat penonton dan pencetus gagasannya menjadi yang lebih dikenal dikalangan penikmat seni wayang di seluruh dunia. Meski pendidikan sang maestro tidak mencapai tingkat Doktoral akan tetapi ia sempat menjadi atau dijadikan Dosen Luar Biasa oleh Institut International De La Marionnette, Charlevile, Perancis. Walau ia hanya sempat mengajar selama dua bulan saja namun ia pernah dianugerahi gelar profesor oleh masyarakat akademis Perancis tahun1993.
Inilah dia Mendiang (Asep Sunandar Sunarya) salah satu sosok tokoh pemain wayang yang berhasil dan terkenal di manca negara asli asal Indonesia yang diabadikan oleh Google pada halaman depan mesin pencari Google (Doodle google) pada hari ini, 3 September 2016 sebagai bentuk penghargaan dari Google pada peringatan Hari Lahirnya sang Maestro Wayang Golek Indonesia (Ki Asep Sunandar Sunarya) dalam dua tokoh wayang yang diperankannya yakni “Semar dan Cepot”. Ki Asep Sunandar Sunarya sebagai seniman dunia yang berhasil dalam menekuni bidangnya. Mengenal lebih jauh tentang Maestro Wayang Golek Indonesia. Wikipedia
Sekilas Data Diri Ki Asep Sunandar Sunarya:
Lahir                       3 September 1955, Jelekong, Baleendah, Bandung
Meninggal               31 Maret 2014, Bandung
Anak                        Yogaswara Sunandar SunaryaDadan Sunandar Sunaryalainnya
Pasangan                 Nenah Hayati (m. 1985–2014), Elas Sulastri (m. 1978–1984),Euis Garnewi (m. 1972–1979)
Orang tua                Abah SunaryaTjutjun Jubaedah

Penulis
: Bambang Junaidi
Editor
: Redakstur bjpotret.com
Sumber





Most Popular