Photobook: "Tahukah anda Apa itu Fotografi"

fotografi
Kolase: Photobook "Merangkai beberapa foto sebagai bentuk baru dari tampilan foto yang di buat secara Digital Image"

Apa itu Fotografi?

Fotografi (dari bahasa Inggris: photography, yang berasal dari kata Yunani yaitu "photos" : Cahaya dan "Grafo" : Melukis/menulis) adalah proses melukis/menulis dengan menggunakan media cahaya. Sebagai istilah umum, fotografi berarti proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu objek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai objek tersebut pada media yang peka cahaya. Alat paling populer untuk menangkap cahaya ini adalah kamera. Tanpa cahaya, tidak ada foto yang bisa dibuat.
Prinsip fotografi adalah memfokuskan cahaya dengan bantuan pembiasan sehingga mampu membakar medium penangkap cahaya. Medium yang telah dibakar dengan ukuran luminitas cahaya yang tepat akan menghasilkan bayangan identik dengan cahaya yang memasuki medium pembiasan (selanjutnya disebut lensa).
Untuk menghasilkan intensitas cahaya yang tepat untuk menghasilkan gambar, digunakan bantuan alat ukur berupa lightmeter. Setelah mendapat ukuran pencahayaan yang tepat, seorang fotografer bisa mengatur intensitas cahaya tersebut dengan mengubah kombinasi ISO/ASA (ISO Speed), diafragma (Aperture), dan kecepatan rana (speed). Kombinasi antara ISO, Diafragma & Speed disebut sebagai pajanan (exposure).
Di era fotografi digital di mana film tidak lagi digunakan, maka kecepatan film yang semula digunakan berkembang menjadi Digital ISO.
Fotografi saat ini telah berkembang menjadi sebuah gaya hidup, hal ini dimulai semenjak munculnya era digital dan berkembangnya sosial media seperti Pinterest, Instagram, Tumblr, Flikr, Path dan banyak lagi lainnya. (sumber:www.wikipedia.org).

Maka untuk dapat menghasilkan foto dengan kualitas terbaik, selain alat yang mendukung juga ilmu pengetahuan kita tentang fotografi dan teknik-teknik fotografi yang perlu dikuasai. Meskipun demikian yang terpenting adalah ilmu fotografinya yang harus anda miliki karena foto terbaik itu tidak harus dihasilkan dari alat/kamera yang mahal. Demikian rekan-rekan pecinta fotografi.

Salam jipret.



Most Popular