Kejuaraan Menembak HUT DANREM 011 LILAWANGSA 2017

Perbakin Aceh
Photo by, Bambang Junaidi, 2017©
Perbakin Aceh dalam rangka memperingati  HUT DANREM 011 LILAWANGSA mengadakan kejuaraan menembak yang digelar di lapangan jenderal sudirman Kota Lhokseumawe pada 29 – 30 April 2017 yang mana pada kejuaraan kali ini dilaksanakan oleh Palapa SC Kota Lhokseumawe yang diikuti oleh ratusan peserta dari beberapa Club Menembak dari seluruh Aceh dan terbuka untuk umum. 
Adapun kelas yang dipertandingkan antara lain:

      1.      Kelas UKLIK
      2.      Kelas PCP: 17 M, 25 M, 33 M, 41 M
Perbakin Aceh
Photo by, Bambang Junaidi, 2017©
CLUB yang mendaftar dalam kejuaraan ini diantaranya:
      1.      PALAPA SC
Perbakin Aceh
Photo by, Bambang Junaidi, 2017©
      2.      TIRA SC
      3.      MPSC
      4.      BIREUEN SC
      5.      SIWAH SC
      6.      NISHOM SC
      7.      KODIM A. TIMUR
      8.      MALIKUSSALEH SC
      9.      BESC
     10.  PASKHAS SC
     11.  BLACK EAGLE SC
     12.  A. TAMIANG SC
     13.  BRATA SC
     14.  UMUM
KELAS UKLIK (Senapan Pompa Lesan Target) menggunakan senapan yang jenis pompa kaliber 4,5 mm. Waktu yang disediakan untuk menyesaikan bidikan target selama 8 (delapan) menit yang mana target terdiri dari 3 lesan yakni: 1 lesan koreksi dengan jumlah 3 tembakan dan 2 lesan penilaian dengan jumlah masing-masing 5 tembakan pada jarak 10 meter dengan total tembakan sebanyak 10 tembakan). Waktu yang ditentukan 2 menit untuk 3 butir tembakan koreksi dan masing-masing 4 menit untuk lesan penilaian  5 tembakan perlesannya.

Perbakin Aceh
Seorang Juri sedang menilai keapsahan hasil tembakan penembak.
Photo by, Bambang Junaidi, 2017©
Mimis yang digunakan jenis RWS Meisterkugeln kaliber 4,5 mm yang telah disediakan oleh panitia dan bilamana terjadi kesalahan tembakan seperti penembak dengan sengaja menembak lesan lawan maka peserta tersebut dinyatakan diskualifikasi. Apabila jumlah tembakan pada lesan lebih dari 5 tembakan maka nilai akan dikurangi pada nilai tertinggi dan jika jumlah pada lesan pertama jumlah tembakan lebih dari 5 tembakan dan pada lesan kedua terdapat 4 tembakan, maka pada lesan pertama dikurangi angka terbesar dan lesan kedua dianggap 4 tembakan.
Perbakin Aceh
Target bidikan yang telah di tembak peserta.
Photo by, Bambang Junaidi, 2017©
Perbakin Aceh
Peserta tembak sedang membidik Lesan target di kelas UKLIK.
Photo by, Bambang Junaidi, 2017©
  Sedangkan untuk kelas PCP (Metal Silhouette Multi Range) senapan yang dipergunakan adalah semua jenis senapan Angin PCP/Gejluk Kaliber 4,5 mm dengan sistem loading single shoot untuk kelas PCP (Non Magazine) yang mana target yang dibidik terdiri dari 15 metal silhouette (dalam posisi duduk) diantaranya;
    1.      Silhouette Ayam, Babi, Kalkun dan Domba masing-masing 1 pcs pada jarak 17 meter.
    2.      Silhouette Ayam, Babi, Kalkun dan Domba masing-masing 1 pcs pada jarak 25 meter.
    3.      Silhouette Ayam, Babi, Kalkun dan Domba masing-masing 1 pcs pada jarak 33 meter.

       4.      Silhouette Ayam, Babi, Kalkun masing-masing 1 pcs pada jarak 41 meter.

Waktu yang diberikan sama dengan kelas UKLIK yakni 8 menit dengan jumlah mimis yang dibatasi yakni berjumlah 15 butir (kaliber 4,5 mm) dimana penembak diwajibkan untuk menjatuhkan silhouette secara berurutan dari frame satu hingga terakhir (pada jarak 41 meter). Bagi peserta yang berhasil menjatuhkan silhouette yang berjumlah 15 tadi maka peserta tersebut berhak untuk memasuki pada sesi babak final dan di babak final ini setiap peserta berkesempatan untuk menunjukkan kebolehan mereka untuk menembak lesan dengan tepat dan akurat pada jarak 30 meter dengan hanya menggunakan 3 butir mimis.

Perbakin Aceh
Penembak dari kelas PCP yang sedang membidik Silhouette Target. Photo by, Bambang Junaidi, 2017©
Perbakin Aceh
Peserta kejuaraan di Kelas PCP saat menyeleksi mimis
yang akan dipergunakan untuk membidik Silhouette Target
dalam kejuaraan Menembak HUT DANDIM 011 Lilawangsa
di Lapangan Tembak Jenderal Sudirman, Kota Lhokseumawe.
Photo by, Bambang Junaidi, 2017©

Pada peraturan yang diterapkan panitia untuk kelas ini bila terjadi recoset pada Silhouette 1 mengenai Silhouette lainnya maka keduanya dianggap sah kecuali terkena frame maka tidak dihitung dan apabila penembak yang dapat menjatuhkan seluruh Silhouette tidak mencapai kuota untuk masuk ke babak final, maka juri akan menghitung ulang berdasarkan jumlah terbanyak silhouette yang dijatuhkan. (30/4).

Most Popular