BMX Jumping

Sport Photography
BMX Jumping Potret menggunakan kamera Nikon D5200, Speed 1/160 ISO:100 Diafragma: f5/6 Metering: Matrix Foto Oleh: Bambang Junaidi (BjPotret.com) ©2017.
BjPotret.com, Seorang anggota dari sebuah komunitas sepeda BMX yang sedang melakukan jumping dengan Sepeda BMX nya lewat media papan jumping yang telah disiapkan di suatu arena buatan ini, ia tampak begitu sempurna melakukannya. Pada gambar terlihat detail (jelas) mulai dari objek yang menjadi target hingga subjek yang lainnya terlihat dengan jelas. Pada subjek terlihat terlihat objek yang lain mereka (ada 2 orang mengarahkan kamera kepada objek utama) sedang melakukan aksi dokumentasi dan beberapa anggota mereka lainnya atau bisa juga dikatakan masyarakat terlihat sedang menyaksikan kegiatan dan aksi mereka itu.  
Untuk menangkap sebuah objek yang bergerak seperti pada gambar ini maka yang terutama sekali adalah pengaturan Speed terus kita bisa memperkirakan berapa Speed kamera yang layak kita gunakan untuk bisa menangkap sebuah objek yang bergerak seperti ini agar tidak terjadi shake atau blur pada objek kemudian kita mensetting iso agar detail gambarnya juga bisa terlihat dengan jelas padat warna lalu baru kemudian diafragma. Diafragma disini kita menggunakan yang terkecil cari bukaan terlebarnya Yakni f5.6 karena kita menggunakan kit lens AF maka normal bukaan tersempit nya itu ialah f5,6 dengan panjang fokal 55 MM. Setelah kita mengetahui batasan dan keterbatasan dari pada kemampuan kamera yang kita miliki maka kita tau dan bisa mensiasati bagaimana supaya gambar dapat ditangkap dengan baik sempurna dan ditel.

Untuk Angle ya sendiri agar terlihat objek benar-benar melompat yang sangat tinggi maka kita menggunakan trik untuk pengambilan gambar ini yaitu kita mengambil posisi low artinya kita mengambil dari posisi bawah menuju keatas, perumpamaan objek yang kita Potret ia berada sejajar tapi kita mencoba untuk melakukannya agar ia terlihat jauh lebih tinggi diatas kita seakan-akan. Sementara subjek yang lain dia tetap sehingga ketika jadi kita mengingikan seolah kita memotret diarena yang ekstrim, objek melompat tinggi diatas kita.
Yaa seperti itulah kelihatannya kemudian untuk mendapatkan objek yang tidak kabur maka kita bisa menggunakan autofocus continue artinya kita mengunci fokus mulai dia bergerak saat mengambil ancang-ancang hingga Ia melakukan jumping. Sehingga ketika ia terus bergerak oleh kamera fokusnya tetap disempurnakan dan satu lagi, sempurnakan posisi pemegangan kamera dan usahakan jangan sampai goyang karena Kalo kameranya goyang automatis pada objec dan subjek hasilnya juga akan goyang alis ada kekaburan.

Most Popular