Fotografi Arsitektur " Museum Islam Samudera Pasai"

Foto Sejarah Aceh, Museum di Aceh, Potret sejarah
Museum Islam Samudera Pasai di Geudong - Aceh, Indonesia. Foto Oleh: Bambang Junaidi/BjPotret.com ©2017.
Fotografi arsitektur atau fotografi bangunan (menurut Yulia Wilda Ilfahni & Mochamad Fauzi Nugraha) merupakan hasil karya fotografi yang dapat menampilkan tidak hanya kepentingan dokumentasi namun juga estetika dalam hal arsitektural, seni, ekspresi, komunikasi, etika, imaginasi, abstraksi, realita, emosi, harmoni, drama, waktu dan kejujuran serta dimensi yang tersirat. 

Sisi fotografi arsitektur bukan sekedar kita memotret sebuah bangunan dengan seni keindahan dari rancangan bangunan itu secara keseluruhan (sekedar nampak luas dalam gambar) sisi lain ini juga dapat dikategorikan kepada kelompok fotografi landskip. Akan tetapi, kita dapat juga menampilkan keindahan dari segi arsitekturnya saja, namun dalam seni fotografi arsitektur patut diperhatikan yakni kaidah-kaidah fotografinya. 

Foto Sejarah Aceh, Museum di Aceh, Potret sejarah
Museum Islam Samudera Pasai di Geudong - Aceh, Indonesia. Foto Oleh: Bambang Junaidi/BjPotret.com ©2017.
Lebih mendalam lagi untuk seni fotografi arsitektur dan cabang-cabang fotografi lainnya adalah komposisi cahaya dalam mengangkat seni arsitektur dalam bangunan itu. Karena cahaya dapat menghasilkan sebuah bayangan dan bias cahaya yang dapat membentuk sebuah dimensi baru dari seni arsitektur yang telah dihasilkan dan keindahan lain dari sudut pandang fotografi. Selain itu elemen-elemen seni arsitektur seperti titik, garis, bentuk dan wujud dalam karya seni arsitektur harus mampu kita jadikan komposisi dasar dalam membentuk seni baru yang mengangkat keindahannya pada seni fotografi dari sudut pandang fotografer saat dilihat, dipandang dan dinikmati oleh pencinta fotografi dimana komposisi tersebut berhadapan pada persepsi, dan persepsi berdiri di atas imajinasi orang yang melihat dan menikmati keindahan fotografi yang dibuat dengan pemahaman seni fotografi arsitektur ia berdiri kokoh di atas pemahaman estetika visual.

Foto Sejarah Aceh, Museum di Aceh, Potret sejarah
Sisi kiri dari Museum Islam Samudera Pasai di Geudong - Aceh, Indonesia.
Foto Oleh: Bambang Junaidi/BjPotret.com ©2017.
Adapun yang banyak kita jumpai saat menampilkan gambar/foto pada seni fotografi arsitektur adalah seperti bangunan-bangunan tua yang telah usang. Hal ini bukanlah menandai bahwa seni fotografi arsitektur itu adalah potret sebuah bangunan tua/usang tersebut secara umum dipahami objek fotografinya mengandung banyak jejak sejarah, baik dari segi arsitektur, pola kerja saat bangunan itu dipakai, sampai dengan bukti kejayaan dari bangunan di masa lalu atau sekedar sebuah bangunan tua. 

Mengangkat bangunan tua sebagai objek foto bisa juga dijadikan tema dalam "Melestarikan bangunan dan warisan budaya" yang pernah ada. Seperti pada hasil jipretan fotografer BjPotret.com kali ini adalah sebuah bangunan yang baru saja selesai dibangun dan bahkan sama sekali belum difungsikan sebagaimana yang telah direncanakan diawal bangunan itu akan dibangun dan didirikan disuatu tempat yang telah melalui suatu proses panjang.  Mengangkat seni budaya, bangunan dan histori yang telah terbangun sebelumnya bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya adalah mendidirikan bangunan dengan tanpa historis awal atau setelah ada historis/sejarahnya. Hal ini sama seperti fotografi dimana sebuah foto dibuat dikala mana objek tersebut belum memiliki sejarah dan setelah berhasil dibuat dalam sebuah fotografi maka hasil dari proses itu menjadi sejarah dan hasil fotografi itu sendiri menjadi bagian dari sejarah dan bukti dari sejarah yang menjadi sejarahnya. 

Seseorang fotografer dengan mengabadikannya dalam bentuk sebuah foto, dan menjadikannya sebagai suatu karya seni tersendiri maka ia pula akan menjadi dan yang memiliki nilai estetika itu, sehingga bisa menarik perhatian orang lain untuk ikut berkarya dan melakukan pelestarian dan turut melestarikannya dan bahkan menjadi bahan promosi untuk warisan sebuah budaya itu sendiri. BjPotret.com ©2017.

Most Popular