Fotografi Makro "Se-ekor Capung"

Fotografi Makro, Animal
Potret Capung dalam Makro Fotografi. (BjPotret.com/Bambang Junaidi)
Memotret seekor capung dalam genre Makro Fotografi. Mengapa potret ini dikategorikan ke dalam fotografi makro? Yaa, lantaran capung merupakan makhluk yang kecil dan kita memotretnya agar terlihat lebih dekat dan dapat bentuknya secara lebih detail sehingga yang tadinya makhluk ini jika secara normalnya kita melihat ia tampak kecil. Dengan demikian, karena kita punya maksud agar capung ini terlihat oleh kita agar tampak lebih dekat atau seakan kita memotretnya dengan jarak yang sangat dekat. Memang untuk menghasilkan foto yang demikian itu kita harus mendekatkan objek pada sensor kamera atau sebaliknya kita mendekatkan lensa kamera agar dapat memotret objek secara lebih dekat dengan tujuan agar objek yang kecil ini dapat terlihat menjadi lebih besar dan seakan memang makhluk ini berada sangat dekat dengan kita yang melihatnya. 

Untuk menghasilkan foto/gambar seperti ini teknik yang dapat digunakan adalah seperti yang telah dijelaskan diatas. Selain itu juga patut diperhatikan adalah lensa yang digunakan ketika kita akan memotret objek dimaksud, seperti misalnya objek masih cukup jauh dari jangkauan kita saat akan memotret maka solusinya adalah dengan menggunakan lensa jenis Zoom sehingga objek dapat kita posisikan lebih dekat kepada sensor sehingga dapat terlihat seperti pada gambar diatas. Kemudian jika kamu membidiknya dengan menggunakan menu manual maka perlu diatur eksposur nya agar tampak/terlihat pada hasilnya seperti apa atau bagaimana yang diinginkan. Sementara untuk pengaturan cahanyanya terkadang kita harus pasrah dengan keadaan alam karena jika kita merekayasanya ada kemungkinan objek merasa tidak nyaman sehingga gagal membekukan objek dengan sempurna. Untuk itu perlu disiasati pada pengaturan eksposurnya dan selanjutnya baru dapat kita finalkan pada aplikasi edit jika diperlukan. 

Demikian untuk menjadi referensi tambahan bagi Anda yang masih baru memulai atau mengenal fotografi makro dan yang akan mencobanya. Semoga berhasil... selamat mencoba. Salam Jipret,.. BjPotret.com. ©2017.

Most Popular