Membuat foto Fine Art dengan Colour Hitam Putih

Fine Art (foto seni) merupakan sebuah foto piktorialisme yang lebih menekankan pada estetika yang meniru pencitraan gambar atau lukisan ataupun lebih mengedepankan keindahan/artistik yang terkandung dalam sebuah karya foto daripada kandungan makna foto itu sendiri. Elemen-elemen pada subjek foto yang dieksploitasi lebih menonjolkan  komposisi (seperti garis, bidang  dan ruang  yang tersedia), unsur cahaya yang tersedia untuk penyinaran objek yang dramatis, dan Tune Colour  atau nada warna yang hadir pada subjek foto.

Fine Art Photography
Fine Art Photography, Foto oleh: Bambang Junaidi/BjPotret.com ©2017.


Fine Art Photography
Foto oleh: Bambang Junaidi/BjPotret.com
Hal yang perlu diperhatikan oleh fotografer foto seni ini saat pengambilan gambar ialah “dalam fotografi seni lebih mengutamakan objek sebagai bidang dua dimensi yang tergambarkan”, sebagai contoh foto seni mengenai manusia maka yang menjadi perhatiannya adalah lekuk-lekuk anatomi, garis-garis rambut, alis dan pedar mata yang artistic. Sedangkan fotografi seni pada benda yang diutamakan adalah nilai estetika, sedangkan nilai gunanya cenderung diabaikan. Maka, seorang fotografer Foto seni (Fine Art) dia adalah merupakan eksekutor terhadap proses pembekuan objek pada sebuah subjek foto secara berkesinambungan baik dimulai dari konsep untuk perencanaan, pembuatan, penerapan teknis pengambilan gambar secara akurat termasuk pemrosesan film ataupun file digital yang tersemat pada kamera.

Fine Art Photography
Foto oleh: Bambang Junaidi/BjPotret.com
 Pandangan umum tentang foto seni (Fine Art) ini menurut para fotografer profesional dan yang ternama aliran fotografi ini menggunakan proses digital hanyalah merupakan sebuah alat bantu untuk penyempurnaan karya lain halnya dengan genre foto jurnalistik. Untuk sebuah karya foto Jurnalistik haruslah apa adanya dan tidak boleh dimanipulasi.
Dalam menciptakan sebuah karya seni khususnya karya seni fotografi adalah konsep utama yang harus di persiapkan oleh pegiat fotografi (fotografer) adalah idelisme pribadinya sebagai seorang fotografer kemudian melakukan pengembangan terhadap konsep tersebut yang disesuaikan dengan sarana yang ada (dimiliki), pengaruh lingkungannya yang dihadapkan dan kesulitan-kesulitan yang mungkin terjadi pada saat pemrosessan serta dukungan peralatan yang memadai sebagai faktor teknis untuk pendukung menciptakan karya seni agar mendekati kata sempurna.


Fine Art Photography
Fine Art Photography, Foto oleh: Bambang Junaidi/BjPotret.com ©2017 
Perlu di catat dan diingat selalu bahwa foto seni tidak sama dengan foto komersial yang dibuat untuk kepuasan konsumen karena foto seni ia lebih berorientasi atau mempunyai tujuan untuk mencurahkan kreatifitas sang fotografer dalam mengambil gambar dan menciptakan sebuah karya seni fotografi. Secara umum ia (seorang fotografer) membuat foto seni adalah untuk kepuasan pribadinya dan tidak memikirkan tentang kompensasi dalam bentuk uang, oleh karena itu pekerjaan seorang fotografer fine art (foto seni) lebih dominan dilakukan sebagai hobi ketimbang sebuah pekerjaan.

Most Popular