Motret Miniatur "Rumah Impian"

Memotret sebuah miniatur replika sebuah rumah impian yang dibangun di tengah hutan belantara berada tepat dibantaran sungai yang mengalir dibawahnya menjadi tantangan tersediri bagi pengemar fotografi dan orang-orang yang hobi motret. Untuk memotret miniatur seperti yang kami tampilkan kali ini sepintas terlihat tidak membutuhkan sebuah keahlian khusus terkecuali aturan fotografi yang tetap harus diperhatikan saat akan memotret dan membuat gambar dari replika sebuah bangunan rumah seperti ini.

Miniatur Portrait, Macro Photography
Rumah Impian (Miniatur Portrait). Foto oleh: Bambang Junaidi/BjPotret.com ©2017.
Dari pengalaman fotografer kami, memotret objek yang satu ini ada tantangan khusus dimana sudut pandang (angle) yang tersedia sangatlah terbatas sehingga siapapun yang memotret miniatur ini ada kemungkinan memiliki angle yang hampir-hampir sama. Namun untuk menyalurkan hobi dan melatih skil fotografinya kondisi tersebut bukanlah menjadi halangan untuk tidak mencoba memotretnya apalagi untuk mengabaikan/meninggalkan objek begitu saja lantaran kondisi untuk mendapatkan sebuah gambar yang bagus atau angle yang menarik sepintas tidak munkin didapat. Hal ini dapat disebabkan oleh adanya foreground yang sangat mengganggu view dan hasil akhir jipretannya. Dari pengalamannya fotografer yang mencoba untuk memotret replika rumah impian ini haruslah mengambilnya dalam sudut pandang high angle, namun berkat fasilitas kamera yang tersedia pada kamera yang digunakan fotografer kami ini memiliki view screen yang dapat diputar-putar maka inilah hasilnya yang bisa diperoleh.

Miniatur Portrait, Macro Photography
Rumah Impian (Miniatur Portrait). Foto oleh: Bambang Junaidi/BjPotret.com ©2017
Meskipun anda punya kamera yang tidak memiliki view screen yang tidak dapat diputar-putar, namun jika anda seorang fotografer sejati yang ingin membidik objek ini bukanlah sesuatu yang dapat mematahkan semangat dan keinginan untuk mencoba keahlian filling fotografer yakni anda bisa mempersiapkan settingan kameranya terlebih dahulu kemudian barulah anda bisa mencobanya dengan membidik objek secara filling shut target. Apa itu? ialah membidik objek dengan tanpa melihat dari jendela bidik maupun view finder pada kamera anda dan teknik ini punya kepuasan tersendiri bagi siapapun orangnya (dia seorang fotografer) bisa memperoleh hasil bidikan yang akurat dan tepat sasaran.

Keberhasilan dengan teknik ini memberi pengalaman tersendiri dan bisa menjadi keahlian tersembunyi bagi anda seorang fotografer. Teknik ini banyak dilakukan oleh para fotografer jurnalistik meskipun ia harus membidik target dengan beberapa kali tembakan hingga memperoleh hasil yang diharapkan. Nah, sudah terbayangkan bukan... sekarang mari mencoba dan bagikan ke kolega anda untuk dimintai pendapatnya. Selamat mencoba.... Salam Jipret. BjPotret.com ©2017.

Most Popular