Night Portrait "Memotret Malam dengan Built in Flash"

Night Portrait, Gampong Expo 2017, Gampong Expo Lhokseumawe
Night Portrait "Memotret Malam dengan Built in Flash"
Memotret saat cuaca gelap atau membekukan objek di malam hari ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat ketika akan memutuskan untuk menekan tombol shutter. Diantaranya perlu dipastikan apakah light shut mode telah difungsikan (ini perlu karena sensor akan mengalami kesulitan mengambil fokus karena objek dalam keadaan gelap, maka dengan adanya fungsi ini akan membantu sensor fokus untuk membekukan titik fokus yang ditargetkan). Kedua pastikan exposure telah kita atur sedemikian rupa sehingga saat mengambil gambar tidak mengalami blur atau noise yang terlalu tinggi. Selanjutnya jika diperlukan maka pastikan flash internal berfungsi dengan baik, jika tidak maka diperlukan adanya tambahan flash eksternal dengan mengaturan TTL atau manual semua tergantung pada selesa kita.

Jika dianggap kamera sudah siap untuk mengambil gambar dan membekukan objek, selanjutnya tinggal menentukan objek dan frame shutting yang diperlukan (kami menganggap anda sudah faham tentang hal ini). Jika yang menjadi objek nya adalah orang maka usaha orang tersebut diposisikan pada posisi dalam aturan third of park yang sudah di kuasai, selanjutnya anda lakukan improvisasi terhadap kondisi dan pose model (objek) yang menjadi target utama.  


Night Portrait, Gampong Expo 2017, Gampong Expo Lhokseumawe
Night Portrait "Memotret Malam dengan Built in Flash"
Jika yang kamu inginkan hanyalah sekedar properti atau landskip saja maka upayakan juga pengaturan exposure dan flash dengan tepat sehingga Anda dapat menghemat waktu untuk melakukan shutting. Namun jika objek yang diambil terlalu luas semisal landskip kota atau pemandangan malam maka lampu flash dapat anda nonaktifkan karena dapat dipastikan sinar flash tidak berbengaruh besar terhadap objek yang diambil.
Demikian saja tips kali ini mengenai Memotret malam dengan Flash internal (Built in Flash) semoga bermanfaat. Selamat berkarya dan sukses selalu dalam mengabadikan momen-momen penting dan terindah yang diinginkan.

Salam jipret, BjPotret.com ©2017.

Most Popular