Potret Figure "Cut Intan"

Portrait Photography, Digital Image
Potret Figure "Cut Intan" dalam Digital Image. BjPotret.com ©2017.

Salam Potret,

Minggu ini kita menampilkan potret figure seorang tenaga pengajar di sebuah perguruan tinggi negeri yang berada di Aceh, beliau saat ini sedang menjalani pendidikan S3 guna menunjang kredibelitas kualifikasi beliau menjadi seorang dosen. Pokok pembahasan inti dari pernerbitan hari ini adalah modifikasi imajinasi sedernaha yang dilakukan pada potret yang telah dihasilkan dimana potret hasil jipretan dari fotografer BjPotret.com adalah tidak demikian. Akan tetapi untuk memberikan ilustrasi dan penerangan secara umum terhadap gambar yang dicontohkan adalah sebagai bahan untuk kita pelajari apa dan bagaimana digital image itu dilakukan.

Pada gambar dapat diperhatikan diantaranya adalah lingkar garis yang membungkus daripada objek, maka akan terlihat seakan-akan ada bentuk daripada garis yang kurang sempurna... yaa itu dikarenakan oleh adanya proses pengerjaan digital image yang dilakukan terhadap gambar. Sedangkan proses yang lebih menonjol dari pengerjaan digital image ini adalah pada background daripada objek. Yang mana background terdiri dari dua latar warna yang berbeda dari bahan kain. Mengingat, melihat dan mengkondisikan gambar agar terlihat agar terkesan lebih baik ataupun menarik maka perlu dilakukan pengeditan. Namun fokus pengeditan kali ini adalah latar belakang dari pada objek seperti yang telah dijelaskan tadi.

Kemudian untuk memberikan efek menarik dan kesan yang baik pada gambar maka diperlukan sedikit imajinasi/ daya khayal untuk merubah keadaan maupun bentuk dan warna dari pada latar dari pada objek tersebut. Yaa.. seperti yang dapat kita lihat, background dasar tidak kita lakukan perubahan total ini dimaksud agar dapat ditemukan perbedaan atau unsur perubahan yang dilakukan pada gambar hasil jipret dari kamera (hasil jipret yang sesungguhnya). Nah, lalu dapat juga kita temukan pada latar terdapat warna hitam, yaa ini adalah tambahan yang tidak dibenarkan pada genre portrait photografi (fotografi potret) untuk mengikuti sebuah even atau perlombaan atau untuk menerangkan keadaan dimana proses pengambilan gambar itu dilakukan. Untuk itu perlu sedikit saja dilakukan perubahan agar unsur perbedaan itu dapat ditemukan pada gambar dimaksud.

Sedangkan untuk proses pengeditan dilakukan dengan proses yang sederhana yaitu dengan menggunakan aplikasi edit foto yang banyak ditemukan diluaran sana (untuk yang dicontohkan ini kami menggunakan aplikasi edit foto Photoshop). Semoga bermanfaat, selamat mencoba dan terus mencoba kreatifitas fotografi kamu semoga bertambah pengalaman dan meningkat keahlian memotret nya ya.... Salam Jipret. BjPotret.com.

Most Popular