Potret Selfi

Black and White Photografi, Portrait Photography, Foto Selfi
Potret Selfi dari dalam ruang rendah cahaya. (BjPotret.com/Bambang Junaidi)

Membuat foto Portrait Selfi di ruang yang sedikit cahaya merupakan sebuah tantangan tersendiri dari seni potret dan fotografi, seperti yang kami tampilkan kali ini adalah sebuah foto selfi (nama dari objek foto) dalam sebuah ruang yang rendah cahaya dan tanpa menggunakan flash. Hasil foto telah diedit menggunakan aplikasi edit foto untuk menghasilkan foto hitam putih.

Muncul pertanyaan kenapa gambarnya dapat begitu jelas yaa?.. iya tentu bisa karena ada teknik yang mungkin jarang kita gunakan saat memotret objek dalam kondisi seperti ini khususnya ketika kita hendak memotret dengan proses yang serba cepat. Kenapa demikian, yaa karena dalam fotografi ada yang namanya speed (kecepatan rana) dan kita juga terbiasa dengan memotret suatu objek dengan tidak ingin berlama-lama untuk dapat menghasilkan sebuah gambar.

Portrait Photography, Slow Speed, Key Low Photography
Potret Selfi (gagal fokus)
(BjPotret.com/Bambang Junaidi)
Untuk itu kita coba bahas tema ini dengan sedikit perlakuan dari hasil eksperimen/ uji coba yang dilakukan untuk menunjukkan bahwa benar kita memotret dengan tergesa-gesa atau santai dalam menghasilkan sebuah gambar yang dibekukan dengan menggunakan kamera digital dari sebuah ruang studio yang rendah cahaya.

Konsekuensinya adalah bila kita ingin melakukan hal seperti ini, maka gambar bisa saja terlihat gelap, kebanyakan blur atau bisa jadi ada shake (gambar goyang/ objek kurang fokus) dan tantangan lainnya adalah sulit menemukan fokus saat akan membidik objek. Seperti terlihat pada gambar disamping.

Selain itu kita dituntut untuk berupaya agar dapat menghasilkan sebuah gambar yang baik "tanpa menggunakan flash internal dan eksternal" maka solusinya adalah harus mengupayakan cahaya buatan. Bagaimana cahaya buatan ini dihasilkan, darimana sumbernya dan seperti apa bentuknya. Salah satunya adalah memaksimalkan sumber daya alam dan lingkungan yang tersedia yang dapat menghasilkan cahaya lalu mengaturnya sedemikian rupa sehingga mampu memberikan nilai artistik atau seni dari karya foto yang akan kita hasilkan.


Pada gambar yang kami tampilkan ini dalam topik pembahasan kita adalah kami hanya menggunakan sumber cahaya buatan yang bersumber dari flash Android (lampu pada handphone android) dengan menu shutting (Manual) dan speed 1/10s lensa kit (lensa bawaan kamera) hasilnya, seperti yang dapat kita lihat.

Untuk hasil perbedaannya, silahkan anda mencobanya dengan menseting Menu kamera menggunakan ISO/aperture (1600 - 3200) saran kami.. bagaimana hasilnya di kamera Anda... Selamat mencoba semoga menemukan pengalaman baru dalam ilmu fotografi.

Salam Jipret, BjPotret.com ©2017.

Most Popular