Traveling ke Museum Samudra Pasai di Geudong - Aceh Utara

Potret Museum Samudra Pasai, Kecamatan Samudra Pasai, Aceh
Museum Samudra Pasai yang didirikan di kawasan situs sejarah Kerajaan Samudra Pasai-Geudong, Aceh Utara.

Kerajaan Samudra Pasai adalah Kerajaan Islam pertama di Indonesia. Sejak berdirinya pada Tahun 1297 M, dibawah kepemimpinan Sultan Malikussaleh, kerajaan ini pernah berperan sebagai pusat kegiatan Politik, ekonomi, Perdagangan dan Penyiaran Agama Islam ke Nusantara bahkan Asia Tenggara. 

Pada zaman Kerajaan Samudra Pasai dikenal Direuhan yang merupakan Mata Uang yang terbuat dari Emas sebagai alat bayar/ alat tukar transaksi perdagangan dimasa itu. 
Dalam catatan sejarah beberapa tokoh petualang dunia seperti Ibnu Batutah, Marcopolo dan Laksamana Ceng Ho pernah berkunjung ke Samudra (sekarang Pulau Sumatera) Samudra Pasai (sekarang Aceh) khususnya ke kawasan tempat didirikannya bangunan Meseum ini. Bukti-bukti Arkeologi berupa Makam Kesultanan Kerajaan Samudra Pasai banyak ditemukan disini, diantaranya Makam Sultan Malikussaleh, Sultan Malikuldhahir dan Sultan Nahrisyah di sekitar kawasan bangunan Meseum ini. 

Portrait Photography
Wisatawan domestik saat berwisata di Museum Samudra Pasai yang terdapat di Geudong-Aceh Utara.

Situs Sejarah Kerajaan Samudra Pasai, Aceh
Monumen Museum Samudra Pasai
Deskripsi dari Monumen ini antara lain:

MISYKAH SAMUDRA PASAI pada bagian atas monumen adalah Replika Dekorasi yang terdapat pada nisan kubur peninggalan sejarah Samudra Pasai abad ke-9 Hijrah (ke-15 Masehi) yang terdapat di Gampong Maddi Kecamatan Nibong Aceh Utara ini merupakan penggayaan dari Figur Kandil atau lampu (Arab = misykah) yang digantungkan untuk penerang. dibagian dalam Figur Kandil terpahat kalimat Tauhid La ilaha illallah Muhammad Rasullah (tiada Tuhan selain Allah, Muhammad adalah Utusan Allah).

Dekorasi ini mengungkapkan secara artistik yang transparan bahwa Samudra Pasai adalah sebuah kerajaan Islam yang memanggul tugas Dakwah kepada Islam untuk meninggikan kalimat Tauhid bahwa Tuhan yang patut disembah selain Allah dan Muhammad adalah Rasul-Nya.


Aceh, Portrait Photography
Potret Plakat Deskripsi Monumen Samudra Pasai yang terdapat di bawah Tugu.

Most Popular