Potret Landskip "Perahu dan Nelayan"


Landscape Photography, Lhokseumawe, Perahu dan Nelayan,
Perahu dan Nelayan, Foto oleh, Bambang Junaidi/BjPotret.com ©2017.
Memotret sebuah perahu nelayan yang sedang berlayar dilautan dengan background matahari yang sedang bersinar penuh dibutuhkan sebuah perhitungan yang tepat untuk mode manual pada setting portret yang kita lakukan. Seperti pada gambar yang kami tampilkan kali ini adalah sebagai sebuah perwakilan dari sekian banyak bentuk subjek yang tertata secara alami, dimana kita sebagai seorang fotografer juga perlu memperhatikan beberapa elemen penting dalam memperhitungkan pengaturan kamera mode manual sebelum melakukan pemotretan. 

Hal ini tentunya sudah lebih awal diperhitungkan sehingga momen yang diambil tinggal menunggu timing yang pas atau tepat untuk mengkrop atau membekukan objek. Adapun hal yang perlu dipertikan dalam memperhitungkan pengaturan Setting kamera disini adalah: 

Landscape Photography, Lhokseumawe, Sunset,
Untitle, Foto oleh, Bambang Junaidi/BjPotret.com ©2017.
yang pertama sumber cahaya, selanjutnya objek yang mau diambil (bidik), kemudian eksposure subjek pada kondisi normalnya memberi nilai berapa seperti Iso, aperture dan speed (Shutter speed).

Metode atau teknik yang dapat dilakukan untuk menemukan angka/nilai daripada esposure tersebut dapat diperoleh dengan melakukan jipret pada bidikan setting auto menu portrait (jika kamu punya alat yang lebih khusus mungkin bisa digunakan juga untuk melakukan pengukuran awal ini guna mendapatkan angka yang lebih akurat atau spesifik). Selanjutnya apa yang perlu dilakukan?

Yaa.. kembali ke awal rencana kita mau membidik apa (objek utama yang ingin ditampilkan/dibekukan). Misalkan saja contoh yang kita gunakan kali ini adalah gambar kedua yang ada diatas, yakni jika dilihat detail maka akan tampak/ terlihat adanya segerombolan burung bangau yang sedang terbang melintas objek samaran (matahari) maka perlu dilakukan penyesuaiannya adalah pada shutter speed nya (kenapa), karena objek yang menjadi target adalah objek yang bergerak. Oleh karena itu shutter speed perlu di sesuaikan dengan kecepatan objek, selanjutnya iso dan Aperture mengikuti guna keseimbangan dalam nilai exposure.

Demikian tanpa kami perpanjang penjelasan. jika ada pertanyaan silahkan munculkan di kolom komentar untuk bisa sama-sama kita bisa menerapkannya dalam penggunaan mode manual potret di sesi memotretan.

Sukses selalu, salam jipret. BjPotret.com ©2017.

Most Popular