Pengantar Belajar Fotografi di BjPotret.com

Fotografi adalah sebagai karya seni yakni dimana seorang fotografer berperan tidak sekedar juru potret yang menghasilkan sebuah foto semata namun fotografi oleh fotografer lebih dimaknai sebagai sebuah karya dirinya pada sebuah medium untuk membangun sebuah karya seni. 

Fotografi sebagai seni dimulai dari adanya gagasan (ide) dari fotografer sebagai seniman (photographic artist) tentang sebuah karya yang akan ia buat pada sebuah medium melalui media yang namanya kamera. Kemudian gagasan tersebut selanjutnya dituangkan kedalam sebuah medium tertentu yang hingga menghasilkan gambar/foto yang kemudian disebut karya seni fotografi.

Dalam seni fotografi keberadaan "subjek" dan "pemirsa" menjadi bagian dari beberapa hal penting yang perlu diperhitungkan, yang mana Subjek dapat didefinisikan sebagai sesuatu yang nyata dari wujud karya seni (ilustrasi yang akan diwujudkan) dimulai. Sedangkan ...
Pemirsa adalah sesuatu yang kompleks, dimana ia terdiri dari satu dan juga dapat menjadi jutaan orang yang tersebar di banyak tempat di belahan dunia ini yang ada dalam suatu kurun waktu selama tertentu bahkan bisa berabad-abad lamanya mereka menyatakan bahwa subjek dimaksud adalah sesuatu yang nyata.

Subjek seni dan beberapa objek (pada fotografi) tidak harus selalu bersifat fisik saja akan tetapi dapat berupa pikiran yang datang pada seniman dalam bentuk citra psikologis yang kompleks dan memberi pengaruh yang kuat pada seniman (fotografer) itu sendiri. Hal ini juga berlaku sama pada yang dimaksud dengan “pemirsa”. Pada kompleks pemirsa ini dalam pemahaman dan pengertiannya tidak harus berarti mereka melakukan beberapa tindakan secara fisik seperti "​​melihat" atau mengamati karya seni, akan tetapi pemirsa dapat terlibat dengan karya seni dengan banyak cara seperti terpengaruhi oleh karya seni tersebut lebih dari sekedar apresiasi untuk memahami atau menafsirkannya.
Pengetahuan dasar Yang perlu  dipelajari  oleh pemula  tentang Fotografi yakni:
  1. Cara menekan tombol shutter
    1. Shutter Speed
    2. Aperture/ diafragma
    3. ISO
  2. Pengetahuan tentang lensa diantaranya:
    1. Mengenal jenis-jenis lensa
    2. Penjelasan mengenangi kode- kode pada lensa  kamera digital
    3. Cara penggunaan fokus pada lensa
  3. Teknik pengambilan gambar
Dalam teknik pengambilan gambar ada kaedah khusus yang diberlakukan dalam fotografi, seperti cara untuk pengambilan gambar agar terlihat baik dan menarik  ketika orang melihatnya.

  1. Mengenal sudut pengambilan gambar ( Angel)
  2. Mengenal tentang fokus pengambilan gambar.
    1. Cara menggunakan fokus pada lensa
    2. Cara mengatur AF poin atau titik area fokus (Point Interest)
  3. Settingan kamera dan teknik memotret
    1. Mengenal light meter dan fungsinya
    2. Mengenal macam-macam jenis shooting pada drive mode
    3. mengenal white Balance dan cara penggunaannya
    4. mengenal keseimbangan dan simetris
    5. mengenal rule of third atau aturan pertiga
  1. Mengenal genre fotografi
Ada banyak genre dan beberapa diantaranya (genre fotografi) yang umum dan populer akan kita bahan dan pelajari sebagai pengetahuan dasar untuk diketahui dan sebagai patron kita memotret untuk jadi seorang fotografer yang profesional.

Comments

Most Popular